Penyemprotan Besi dengan Sandblasting

Bagikan Artikel

Apa Sandblasting itu ?

Sand Blasting merupakan suatu proses pembersihan dengan cara menembakkan sebuah partikel (pasir) kesuatu permukaan material sehingga menimbulkan suatu gesekan atau tumbukan ke permukaan material tersebut, sehingga membuat material tersebut menjadi bersih dan kasar.

Sementara itu untuk tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasir serta tekanan yang digunakannya. Sandblasting sendiri banyak digunakan untuk berbagai macam fungsi, Seperti :

  • Digunakan untuk menghilangkan karat, debu, cat dan pengotor lainnya.
  • Digunakan untuk membentuk kekasaran suatu permukaan sebelum persiapan proses pelapisan selanjutnya / bisa disebut material pelindung lapisan dasar.

Metode Kerja

Dalam pengerjaan sandblasting ini harus dilakukan dengan hati – hati dan ditangani oleh tenaga ahli serta berpengalaman, Sebab apabila dilakukan oleh orang awam akan berakibat fatal, besar kemungkinan dapat memperparah keadaan material yang digunakan menjadi rusak. Sementara itu Sandblasting ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan penggunaannya, yaitu :

 

  • Dry Sandblasting

Penyemprotan Besi dengan Sandblasting

Dry Sandblasting adalah salah satu metode dalam tahap mempersiapkan permukaan suatu objek sebelum di cat (coating), dengan cara menembakkan partikel padat (abrasive material) dengan tekanan tinggi.

Abrasive material yang digunakan bisa silica sand, garnet, steel grit, steel shot, glassbead atau yang lainnya. Beda abrasive, beda juga hasil tekstur, kedalaman profil dan tampilannya.

Metode ini biasa digunakan untuk benda yang berbahan metal / besi yang tidak beresiko menghasilkan percikan api pada saat penyemprotan, seperti pada tiang pancang, bodi pada rangka mobil, bodi kapal laut dan lain sebagainya.

  • Wet Sandblasting

Wet Sandblasting (Vapor) memiliki proses yang sama dengan Dry Sandblasting, perbedanya  adalah ditambahkan campuran cairan air khusus yang dipadukan dengan bahan anti karat kedalam pasir agar tidak menimbulkan percikan api dan debu pasir yang dapat menganggu proses produksi.

Sedangkan pengaplikasian wet sandblasting ini adalah pada benda yang berbahan mental atau besi yang bisa menimbulkan percikan api jadi akan terjadi potensi resiko terbakar, misalnya seperti pada tangki yang berisi bahan bakar maupun tangki yang berada ataupun di gunakan kilang minyak (offshore).

Wet sandblasting ini dicampurkan dengan bahan kimia khusus anti karat yang dapat meminimalisir percikan api pada proses sandblasting dilakukan.

Macam – macam Abrasif Material

Abrasif material sandblasting dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Metal
    Abrasif metal antara lain yaitu steel shoot, steel grit,dan wire cut carbon.

  • Non Metal
    Abrasif non metal antara lain pasir silika, aluminium oksida, silikon, karbida, glass bead, dan walnut sheel.

Paramater yang mempengaruhi Sandblasting

Sementara itu berikut ini beberapa parameter yang mempengaruhi proses Sandblasting seperti :

      1. Ukuran butir (mesh)
        Ukuran butir berkaitan dengan bentuk profil permukaan yang terbentuk. Pada butiran yang kecil, bentuk profil permukaan yang dihasilkan cenderung lebih halus dibandingkan dengan ukuran butir yang lebih besar.
      2. Sudut penyemprotan
        Sudut penyemprotan adalah besarnya sudut yang digunakan dalam penyemprotan antara nozzle dengan benda kerja yang disemprotkan sudut yang biasa digunakan dalam penyemprotan antara 60 derajat – 120 derajat. Sudut 90 derajat terhadap permukaan menghasilkan tumbukan yang paling besar.
      3. Tekanan penyemprotan
        Tekanan penyemprotan mempengaruhi daya dari abrasifnya. Semakin besar tekanan yang digunakan, maka daya abrasifnya juga semakin besar.
      4. Jarak penyemprotan
        Jarak penyemprotan adalah jarak antara nozzle dengan benda kerja yang disemprot. Jarak penyemprotan bisa diatur sesuai dengan hasil yang diinginkan.
      5. Waktu penyemprotan
        Waktu penyemprotan permukaan dapat mempengaruhi kekasaran permukaan benda kerja. Semakin lama penyemprotan, maka permukaan yang dihasilkan semakin kasar. Rentang waktu yang digunakan ketika proses penyemprotan biasanya didasarkan pengalaman operator. Dalam beberapa kasus waktu yang diperlukan selama 40 – 80 detik untuk setiap luasan penyemprotan.
Manfaat dari penggunaan Sandblasting ini.

  • Membersihkan permukaan objek dari kontaminan. Seperti karat, minyak, cat, garam dan lain-lain
  • Menghilangkan cat lama (existing) Yang Sudah Rusak Atau Pudar Pada Material
  • Membuat profile pada permukaan objek Atau Kekasaran Yang Ada Pada Permukaan Metal
  • Membuka pori-pori objek, sehingga cat yang baru dapat lebih meresap dan melekat kuat
  • Mampu Membuat Material Terlihat Seperti Baru Kembali

Tentang Kami

Kami PT. Karya Perkasa Abadi telah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang kontruksi, dengan beberapa tenaga kerja yang ahli sudah terlatih dan profesional dengan begitu jasa yang kami berikan akan sesuai dengan kebutuhan anda.

Kami senantiasa meningkatkan standar kualitas produk, reputasi kepada pelanggan, hingga pertumbuhan perusahaan sendiri.

Dengan fasilitas modern dan canggih, didukung area produksi yang cukup luas dan nyaman untuk memudahkan dalam proses produksi jasa sandblasting malang, PT Karya Perkasa Abadi siap melayani permintaaan konsumen hingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga jasa sandblasting yang kami tawarkan anda dapat menghubungi kami melalui :

Berlangganan artikel kami

Dapatkan pembaruan dari kami.

Artikel Lainnya.

Penyemprotan Besi dengan Sandblasting
Jasa Sandblasting

Jasa Sandblasting Malang

Apa Sandblasting itu ? Sand Blasting merupakan suatu proses pembersihan dengan cara menembakkan sebuah partikel (pasir) kesuatu permukaan material sehingga menimbulkan suatu gesekan atau tumbukan

Anda bingung dengan layanan kami.

Silahkan tim ahi kami

Sewa Wheel Loader - Karya Perkasa Abadi
Karya Perkasa Abadi

Jl. Embong Turi, Dusun Bunder, Genengan, Kec. Pakisaji, Malang, Jawa Timur 65162

Rental Alat

Perusahaan